Senin, 10 Oktober 2011

JURNAL PERILAKU KONSUMEN


Nama Penulis / Tahun
 ARFIAN SUWITO /2007
Judul Penelitian
PENGARUH SIKAP TERHADAP MEREK DAN SIKAP TERHADAP IKLAN PADA MINAT BELI KONSUMEN
Sumber Jurnal / URL
http://library.um.ac.idfree-contentssavedocpub.phptor.doc
Masalah / Tema / Topik
1.  Apakah ada pengaruh sikap terhadap merek dan pengaruh sikap terhadap iklan pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy  pada masyarakat di kecamatan Wonosari , Klaten      secara parsial ?
2.   Apakah   ada   pengaruh   sikap   terhadap   iklan   pengaruh   dan   sikap   terhadap merek     pada    minat    beli  konsumen     produk   sabun    Lifebuoy pada  masyarakat di kecamatan Wonosari , Klaten         secara serempak ?
3.   Manakah     faktor   yang   lebih  dominan    pengaruhnya      pada    minat   beli konsumen      produk  sabun     Lifebuoy     pada    masyarakat    di  kecamatan Wonosari , Klaten?
Tujuan Penelitian
1.  Untuk mengetahui apakah ada           pengaruh sikap terhadap merek dan sikap terhadap     iklan   pada    minat    beli  konsumen      produk    sabun Lifebuoy masyarakat kecamatan Wonosari           secara parsial.
2.   Untuk   mengetahui   apakah   ada   pengaruh   sikap   terhadap   iklan   dan   sikap terhadap     merek    pada    minat   beli   konsumen      produk    sabun   Lifebuoy masyarakat kecamatan Wonosari secara serempak.
Teori-teori yang digunakan
-  Perdagangan Tidak Sinkron
-  Koreksi Terhadap Bias
-  Faktor-faktor yang mempengaruhi beta saham
Hipotesis
1.  Diduga ada pengaruh sikap terhadap merk dan sikap terhadap iklan pada minat   beli  konsumen   produk   sabun  Lifebuoy  di  kecamatan   Wonosari, kabupaten Klaten secara parsial.
2.  Diduga ada pengaruh    sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek    pada minat   beli  konsumen   produk   sabun  Lifebuoy  di  kecamatan   Wonosari, kabupaten Klaten secara serempak.
3.  Diduga Sikap Terhadap Iklan mempunyai pengaruh lebih besar pada minat beli  konsumen    pada  produk   sabun  Lifebuoy   di  kecamatan   Wonosari, kabupaten Klaten.
Metode-metode Penelitian
Subjek dan Objek
Subyek      dan   obyek    penelitian    ini  adalah    masyarakat     di   kecamatan wonosari, kabupaten klaten. yang pernah melihat dan mengetahui paparan (exposure) iklan televisi dari produk sabun merek Lifebuoy.
Jenis Data
Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari data primer                 yaitu data yang   diperoleh   secara   langsung   dari   responden   dan   data   sekunder   dari   BPS tentang data penduduk di kecamatan Wonosari, kabupaten Klaten.
Tehnik Pengumpulan Data
Teknik       pengumpulan        data    yang    digunakan       adalah     kuesioner. Mengingat jenis data yang akan dianalisis kuantitatif, kuesioner menggunakan skala   Likert  dengan   5   pilihan   yaitu   mulai   sangat   setuju,   setuju,   netral,  tidak setuju, sangat tidak setuju.
Uji Instrument Penelitian
 a.  Uji Validitas
Uji   validitas   digunakan   untuk   mengukur   sah   atau   valid   tidaknya penelitian. Uji validitas menggunakan analisis korelasi pearson, keputusan mengetahui   valid   tidaknya   butir   instrumen.   Jika   pada   tingkat   signifikan 5%     nilai  r  hitung   >  r  variabel   maka    dapat   disimpulkan     bahwa    butir instrumen tersebut valid.
b.  Uji Reliabilitas
Uji    reliabilitas  untuk    mengetahui      apakah    instrumen     memiliki indeks     kepercayaan     yang   baik   jika   diujikan   berulang.    Uji  reliabilitas dalam      penelitian    ini   menggunakan        rumus    alpha    cronbach, untuk mengetahui tingkat reliabilitas instrumen dari keempat variabel penelitian jika   dari   hasil   uji   reliabilitas   instrumen   dari   keempat   variabel   penelitian  jika dari hasil uji reliabilitas memberikan nilai alpha > 0,6 (Gozali, 2001).
Analisis/hasil-hasil
a.Uji Validitas
Uji validitas dalam hal ini bertujuan untuk menguji tingkat ketepatan instrumen      dalam   mengukur   variabel   merk,   iklan   dan   minat    beli. Perhitungan uji  validitas   instrumen    menggunakan analisis   korelasi pearson dengan bantuan computer program  SPSS.    Keputusan mengenai   butir   item   yang   dinyatakan   valid   dengan   membandingkan nilai   r   hitung  dengan   nilai   r   tabel,   jika   r   hitung  >   r   tabel   maka   butir item dinyatakan valid.Berdasarkan   hasil   uji   validitas   instrument   dari   ketiga   variabel   yaitu merk,     iklan  dan   minat   beli   seperti  pada   tabel  diatas   menunjukkan bahwa dari   seluruh   butir   semuanya      valid,  karena    nilai  r  hitung (korelasi) lebih besar dari r tabel.
b.  Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas instrument bertujuan untuk mengetahui besarnya indeks kepercayaan instrument    dari   variabel   merk,    iklan  dan   minat    beli. Setelah   dilakukan   uji   validitas   dan   diperoleh   butir   pernyataan   yang valid,selanjutnya  dilakukan    uji reliabilitas    dengan    menggunakan rumus Cronbach  Alpha. Keputusan untuk mengetahui bahwa instrument adalah reliable jika nilai r Alpha > 0,6.Dari    hasil  uji   reliabilitas  instrument    menunjukkan       bahwa     ketiga variabel yaitu merk, iklan dan minat beli adalah reliabel karena nilai r Alpha > 0,6.
Kesimpulan dan Keterbatatasan
Kesimpulan
1.  Variabel  independen dalam    hal  ini   adalah   Sikap    terhadap    merk berpengaruhpada minat beli konsumen produk sabun  Lifebuoy di Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten  sehingga hipotesis pertama diterima.
2.  Variabel     independen      dalam    hal   ini  adalah    Sikap   terhadap    iklan berpengaruh pada    minat   beli  konsumen  produk    sabun  Lifebuoy di Kecamatan Wonosari, Kabupaten     Klaten sehingga  hipotesis   kedua diterima.
3.  Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap merk dan Sikap  terhadap     iklan   secara   bersama-sama      berpengaruh      pada   minat beli konsumen pada    produk    sabun   Lifebuoy    di    Kecamatan     Wonosari, Kabupaten Klaten sehingga hipotesis ketiga diterima.
4.  Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,732 atau sebesar 73,2%. Artinya bahwa 73,2% variasi variabel dependen yaitu minat beli dapat di jelaskan oleh variabel independen yaitu merk dan iklan sedangkan sisanya 26,8% di jelaskan oleh variabel-variabel lain yang diluar model.

Keterbatasan
1.  Penelitian ini hanya terbatas pada sikap terhadap merk dan sikap terhadap iklan   saja,   sedangkan   masih   banyak  hal   yang   dipengaruhi   minat   beli, misalnya harga, kualitas produk dan lainnya.
2.   Penelitian ini tidak sesuai dengan teori karena masih ada factor lain yang mempengaruhi   minat   beli   sepert   harga   dan   kualitas   yang   menyebabkan merek berpengaruh negatif pada minat beli konsumen.
3.   Hanya terbatas pada Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

PENGARUH SIKAP TERHADAP MEREK DAN SIKAP TERHADAP IKLAN PADA MINAT BELI KONSUMEN
SKRIPSI
Oleh :
Nama                          : ARFIAN SUWITO
Nomor Mahasiswa     : B 100 030 170
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
SURAKARTA
2007




Tidak ada komentar:

Posting Komentar